Tentang Paham Kesetaraan Gender Angkatan Muda

  • Wajiran Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Keywords: kesetaraan gender; feminisme; angkatan muda

Abstract

Studi ini tentang paham kesetaraan gender angkatan muda. Wacana feminisme yang sudah lama lahir dan berkembang di barat kini telah menjalar di masyarakat kita. Ironisnya  gerakan feminisme ini lebih vulgar dan lebih garang di negeri asal mereka sendiri. Para aktivis perempuan yang selama ini sudah bergerak menyuarakan kesetaraan dan emansipasi pada umumnya adalah umat islam. Kebanyakan mereka yang ada di Indonesia adalah generasi islam yang harusnya sadar bahwa perjuangan kaum perempuan di barat itu tidak seutuhnya benar, bahkan bisa dikatan salah besar. Oleh karena itu, hendaknya kita tidak mentah-mentah mengambil dan mengaplikasikan sebuah paham apalagi yang jelas-jelas bertentangan dengan norma dan nilai moral yang ada di Negara kita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI, 1992, Al-Qur’an terjemahan Departemen Agama Bandung: Gema Insani Press.
Fakih, Mansur 1996, Analisis Gender dan Transformasi Sosial.Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Umar, Nasaruddin 1999, Argumen Kesetaraan Gender perspektif alQur’an.Cet. I; Jakarta: Paramadina.
Nasaruddin Umar. (1999). Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Paramadina.
----------. (2006). “Perspektif Jender dalam Islam”. dalam Jurnal Pemikiran Islam PARAMADINA. Jakarta Selatan: Penerbit Yayasan Paramadina. http://media.isnet. org/islam/Paramadina/Jurnal/Jender2.html#r116 download 6 Januari 2006.
N.M. Shaikh. (1991). Woman in Muslim Society. New Delhi: Kitab Bhavan. Cet. I. Nurul Agustina. (1994). “Tradisionalisme Islam dan Feminisme”. Dalam Jurnal Ulumul Qur’an. (Edisi Khusus) No. 5 dan 6, Vol. V.
Published
2015-01-01
How to Cite
Wajiran. (2015). Tentang Paham Kesetaraan Gender Angkatan Muda. Konfrontasi: Jurnal Kultural, Ekonomi Dan Perubahan Sosial, 2(1), 1-4. https://doi.org/10.33258/konfrontasi2.v4i1.50